Januari 28, 2021

local project

Seni Indonesia Hari Ini

Sotheby’s Pecahkan Rekor Lelang Online

2 min read

csv8i4 sothebys 0

Sumber: https://www.ttec.com

localproject.id

Hari pertama lelang online yang dilakukan oleh Sotheby’s pada kamis, 14 Mei 2020 telah mencapai jumlah fantastis, yaitu USD 13,7 juta atau sekitar IDR 202 miliar. Perolehan tersebut merupakan Rekor Lelang Online Sotheby’s, sekaligus memecahkan rekor penjualan tertinggi dalam sejarah rumah lelang yang dilakukan secara online.

Hasil penjualan pada lelang online tersebut menjadikan total pemasukan Sotheby’s pada tahun 2020 ini menjadi USD 100 juta, atau sekitar IDR 1,4 trilyun. Hasil penjualan online tersebut hampir mencapai lima kali pendapatan lelang online yang dilakukannya pada tahun 2019 lalu yang hanya mencapai USD 2,7 juta atau sekitar IDR 39 miliar.

“Hasil penjualan tersebut adalah bukti dari kekuatan pasar saat ini dan kemungkinan meningkatnya penjualan secara online,” kata Max Moore, Head of Contemporary Afternoon Auction dalam Artforum.

 

Baca Juga : USD 16.5 Juta Untuk Kebudayaan Kota Paris

 

Pada lelang online tersebut, penjualan tidak hanya didominasi oleh karya-karya yang tergolong the top end market saja, tetapi juga terdapat karya-karya dari seniman yang secara usia lebih muda atau sedang naik daun. Sebut saja Matthew Wong dan Kengo Takahashi yang pada lelang onlie ini adalah pertamakalinya mereka terlibat dalam rumah lelang. Beberapa karya dari seniman yang terlibat dalam lelang online tersebut juga mencapai harga yang diluar ekspektasi seperti Lucas Arruda, Sanya Kantarovsky, Claire Tabouret, dan Julie Curtiss.

 

mealtime
Mealtime – Sanya Kantarovsky

 

Pasar Seni Rupa Yang Menjanjikan

“Penjualan ini merupakan sinyal yang jelas bahwa masih ada selera yang sehat untuk karya berkualitas di pasar,” Sambung Max Moore.

Beberapa penjuaan yang menjadi sorotan pada lelang online tersebut adalah karya dari Christopher Wool dengan judul Untitled, 1988, dan karya dari Brice Marden dengan judul Window Study No. 4, 1985. Kedua karya dari dua seniman tersebut masing-masing terjual dengan harga lebih dari USD 1 jt, atau sekitar IDR 14 miliar. Selain itu juga masih ada beberapa karya dari Richard Estes dengan judul Broadway and 64th yang terjual dengan harga USD 860.000 atau sekitar IDR 12,7 miliar, dan Matthew Wong untitled watercolor yang terjual dengan harga USD 62,500 atau sekitar IDR 923 juta.

Lelang online yang dilakukan oleh Sotheby’s tersebut membuktikan bahwa meskipun dalam kondisi pandemi global saat ini, pasar seni masih dapat meraup keuntungan yang besar.