Januari 28, 2021

local project

Seni Indonesia Hari Ini

Playing For Change – Musik dan Gerakan

2 min read

Localproject.idPlaying For Change adalah sebuah gerakan yang didirikan sejak tahun 2002. Dipelopori oleh sekumpulan seniman dan pekerja seni dari berbagai negara. Gerakan ini memiliki tujuan untuk menginspirasi sekaligus menyatukan masyarakat seluruh dunia menggunakan musik. Mereka percaya bahwa musik memiliki kekuatan yang besar untuk menghancurkan batas dan penindasan yang dialami oleh masyarakat di seluruh dunia.

Playing For Change bermula dari ide Mark Johnson dan Whitney Kroenke untuk menangkap kreatifitas dari musisi jalanan di seluruh Amerika. Untuk mendukung ide tersebut, mereka membangun studio rekaman berjalan dan kemudian merekam seluruh aktivitas yang dilakukan. Proyek yang diberi nama “A Cinematic Discovery of Street Music” tersebut pada akhirnya memenangkan penghargaan untuk kategori film dokumenter.

Pertemuan Mark Johnson dengan Roger Ridley

Pada tahun 2005, Mark Johnson berjalan di jalanan Santa Monica, California. Dalam perjalanannya, dia bertemu dengan seorang musisi jalanan bernama Roger Ridley yang sedang menyanyikan lagu Stand By Me. Ketika itu, Mark Johnson dapat merasakan kekuatan yang luar biasa dari lagu yang dinyanyikan oleh Roger. Seketika, Mark Johnson menawarkan Roger Ridley untuk direkam menggunakan studio kelilingnya, dan Roger-pun menyetujuinya.

Ketika Mark Johnson datang kembali dengan studio kelilingnya, dia bertanya sekalilagi kepada Roger Ridley, “With a voice like yours, why are you singing on the street?” Roger menjawab, “Man, I’m in the Joy of business, I come out to be with the people.” Semenjak itu, Play For Change memutuskan berkeliling dunia untuk merekam dan memfilmkan musisi jalanan yang mereka temui, dan tentu saja pada akhirnya membangun ikatan kekeluargaan secara global.

Play For Change
Sumber: playingforchange.com

Playing For Change telah keliling dunia untuk menciptakan musik dan mengajak musisi-musisi jalanan untuk menjadi bagian dari Playing For Change Band. Musisi-musisi ini berasal dari negara dan budaya yang berbeda-beda satusamalainnya. Dengan musik, perbedaan tersebut diterjemahkan menjadi satu Bahasa yang sama, yaitu bahasa musik.

Saat ini, lagu-lagu yang dihasilkan oleh Playing For Change dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat di dunia menggunakan beragam platform seperti YouTube, Spotify, official website Playing For Change, atau platfom lainnya. Tujuan mereka untuk menginspirasi dan menyebarkan cinta kepada seluruh masyarakat di seluruh dunia telah tercapai.

Tidak hanya berhenti di situ, melalui Play For Change Foundation, mereka berupaya untuk mendirikan Music and Art School untuk anak-anak di seluruh dunia. Menciptakan harapan dan inspirasi untuk masa depan masuia dan planet bumi ini.

Siapapun dapat mendukung dan berkontribusi pada gerakan ini dengan cara menjadi member. Caranya sangat sederhana, yaitu mendaftarkan diri melalui situs resmi mereka, PLAYINGFORCHANGE.ORG

Sumber: playingforchange.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *