Maret 2, 2021

local project

Seni Indonesia Hari Ini

Jutaan Dolar Untuk Kebudayaan Kota Paris

2 min read

rsz paris eyes open street art 1
Sumber: Urban Adventures

localproject.id

Pemerintah Kota Paris telah mengumumkan akan memberikan bantuan dana sebesar USD 16,5 juta atau sekitar IDR 244 miliar untuk sektor kebudayaan kota Paris, Prancis. Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Kepala Bidang Kebudayaan Kota Paris, Christophe Girard dalam wawancaranya bersama Le Parisien.

Jutaan dolar tersebut rencananya akan dibagikan kepada beberapa sektor kebudayaan dengan nominal yang berbeda. Hal tersebut dilakukan karena setiap sektor memiliki tingkat kebutuhan yang tidak sama.

Dalam rinciannya, pemerintah kota Paris akan memberikan dana sebesar  USD 12,5 Juta untuk gedung teater, pusat seni dan budaya, serta ruang konser. Hal serupa juga diberikan kepada gedung orkestra dan tempat pertunjukan lainnya yang akan mendapatkan dana sebesar USD 1,3 juta. Sedangkan untuk penulis naskah dan komposer akan mendapatkan alokasi dana sebesar USD 54.5 ribu. Pada sektor sinema, pemerintah kota Paris akan memberikan dana hibah sebesar USD 1,5 juta, termasuk USD 327 ribu untuk bioskop independen dan USD 109 ribu untuk pembuatan film pendek.

 

 

The Culture Trip

Sumber: The Culture Trip

Demi Cultural Exception

“Ini lebih dari sekedar dorongan,” pungkas Girard. “Ini adalah sebuah gerakan bersejarah dalam situasi krisis yang tidak biasa bagi kota Paris serta bentuk implementasi atas konsep Cultural Exception.”

Pada situasi pandemi saat ini, Prancis adalah salah satu negara dengan tingkat kematian tertinggi di Eropa dan nomer empat tertinggi di dunia setelah AS, Inggris, dan Italia. Program social distancing yang sudah dilakukan sejak bulan Maret 2020 lalu saat ini telah mulai dilonggarkan. Beberapa sektor sudah mulai beroperasi kembali seperti sekolah dasar, beberapa perusahaan tertentu, galeri seni, dan toko buku.

 

Baca Juga: Untitled, Art – Pasar Seni Berbasis Online

 

Pemerintah kota Paris juga akan mengalokasikan dana sebesar USD 435 ribu untuk persiapan  August Culture Month. “Bulan Agustus akan menjadi bulan perayaan untuk seni dan keindahan kota Paris,” tutup Girard.

Rencananya, pada bulan Juni-Juli 2020 mendatang pemerintah kota Paris akan membuka kembali tujuh dari empat belas museum kota dan perpustakaan di beberapa titik. Sedangkan untuk Kafe, restoran, dan bar tetap tutup hingga setidaknya akhir Mei ini.

localproject.id – Seni Hari Ini

 

 

3 thoughts on “Jutaan Dolar Untuk Kebudayaan Kota Paris

Comments are closed.